Kenapa Lebih Sering kencing di Malam Hari?

Kenapa Lebih Sering Kencing di Malam Hari?

Kenapa lebih sering kencing di malam hari. Dok saya memiliki keluhan kenapa saya lebih sering kencing ketika malam hari daripada di siang hari ya dok? | Ada berbagai macam alasan kenapa sodara lebih sering kencing di malam hari. | iya.. apa saja dok? | Alasan yang utama kenapa anda lebih sering kencing di malam hari yaitu ketika di malam hari anda akan lebih sedikit bergerak dan lebih sedikit mengeluarkan keringat. Ketika di siang hari anda akan mengeluarkan cairan melalui keringat dan urine. Namun ketika malam hari kemungkinan besar anda hanya akan mengeluarkan cairan melalui urine. | oh begitu ya dok, apakah itu saja? | tidak hanya itu ada sebab lainnya yang bisa terjadi mengapa anda sering kencing. Penyebabnya kemungkinan anda memiliki kelainan kesehatan. | wah berbahaya apa tidak dok? | saya akan jelaskan di bawah ini | baik dok terimakasih dok atas jawabannya.. | sama – sama

Baca Juga:

Gejala Penyakit Sering Kencing di Malam Hari

Cara mengatasi sering kencing di malam hari dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Kebiasaan sering kencing di malam hari merupakan sebuah keadaan dimana kita terbangun di malam hari untuk mengeluarkan urine yang dirasa sudah tidak bisa tertahan kembali.

Anda bisa membayangkan jika satu atau dua organ ada kelainan, maka jumlah urine yang Anda keluarkan serta berapa kali buang air kecil pun akan berbeda. Berikut penjelasan soal penyebab Anda sering atau jarang buang air kecil.

Infeksi saluran kemih.

Ketika saluran kemih atau kantung kemih Anda mengalami infeksi, Anda akan sering ingin buang air kecil. Bahkan, kadang-kadang ini disertai dengan rasa sakit. Pasalnya, kantung kemih yang terinfeksi tidak bisa bekerja secara maksimal dalam menampung urine dalam jumlah banyak.

POPULER  Obat raja singa sipilis

 

Diabetes.

Bagi Anda penderita diabetes, Anda akan sering buang air kecil. Ini sering kali terjadi karena penderita diabetes memiliki dorongan minum yang tinggi akibat tingginya gula darah. Karena banyak minum, maka tubuh berusaha mengeluarkan cairan yang berlebih. Namun, terkadang saat menyaring darah untuk membuat urin, gula ikut tersaring dan menarik air lebih banyak.

Gangguan kelenjar prostat.

Bagi orang dengan gangguan kelenjar prostat, Anda akan merasa sulit untuk buang air kecil walaupun rasa ingin buang air sering muncul. Hal ini terjadi karena pembengkakan prostat dapat menekan uretra sehingga menutup aliran urine.

Kandung kemih overaktif (overactive bladder).

Ketika Anda menderita overactive bladder (OAB), Anda akan merasaan desakan tiba-tiba untuk membuang urine. Ini disebabkan karena kandung kemih yang bekonstraksi tidak normal. Ini akan meningkatkan seberapa sering buang air kecil dalam sehari.

Hamil.

Biasanya kehamilan membuat wanita lebih sering buang air kecil. Pasalnya, rahim yang membesar karena pertumbuhan bayi dalam kandungan bisa menekan kantung kemih. Karena itu, kantung kemih jadi lebih sempit sehingga Anda harus lebih sering ke toilet.

 

Cara mengatasi sering kencing di malam hari, ada beberapa berikut diantara;

1. Bukannya ‘digelonggong’, minumlah air putih sesuai porsinya. Daripada beser terus nantinya

Idealnya, minum air putih sebanyak 8-10 gelas setiap harinya agar asupan cairan dalam tubuh terpenuhi. Porsi ini berbeda buat kamu yang suka beser, kurangi porsinya jika kantung kemihmu justru bermasalah. Padahal, kurang minum air putih juga nggak baik karena bisa mengakibatkan dehidrasi. Duh, trus gimana dong?

ggak terlalu sedikit. Kalau bisa, berhenti makan dan minum 2 jam sebelum tidur untuk membantu mengatasi masalah beser.

POPULER  Cara cepat mengobati kencing nyeri

2. Hindari makanan pedas dan asam, ini pantangan buat kamu yang beseran!

Makanan pedas dan asam bisa menyebabkan iritasi pada kandung kemih sehingga makanan-makanan ini sebaiknya dihindari bagi kamu yang beseran. Buah-buahan seperti jeruk, nanas, tomat dan yang lainnya justru bikin kamu pipis lebih sering.

Selain mengurangi konsumsi makanan pedas dan asin, kamu juga perlu memenuhi asupan serat yang cukup. Atur porsi makan kamu dengan benar sehingga nggak terlalu banyak tapi juga nggak terlalu sedikit. Kalau bisa, berhenti makan dan minum 2 jam sebelum tidur untuk membantu mengatasi masalah beser.

3. Cara mudah kalau kamu terganggu karena keseringan pipis, ya latihan nahan pipis. Eits, tapi jangan keseringan lho, ya!

Menahan pipis memang nggak baik bagi kesehatan, tapi dalam kasus ini kamu diperbolehkan. Sebaiknya latihan nahan pipis hanya dilakukan dalam waktu 30 menit, nggak lebih. Terapi ini bisa melatih kandung kemih supaya nggak manja ketika kebelet. Sambil menahan pipis, cobalah tarik nafas dalam-dalam dan buat diri kamu menjadi rileks dan santai.

Latihan menahan pipis nggak boleh dilakukan lebih dari 30 menit dalam sehari. Kalau sampai kelebihan, bukannya beser jadi sembuh, bisa-bisa kamu kena penyakit batu ginjal.

4. Konsumsi daun kemangi, yoghurt dan biji wijen efektif untuk mengurangi pipis berlebihan

Ini dia nih, makanan-makanan yang baik kamu konsumsi buat kamu yang suka beser. Buat campuran daun kemangi dengan madu untuk mengurangi infeksi saluran kencing. Baiknya kamu minum ramuan ini setiap hari ketika perut kosong. Konsumsi yoghurt juga membantu mengurangi infeksi akibat pipis berlebihan karena mengandung zat antibakteri.

Selain itu, biji wijen juga bisa digunakan sebagai obat yang efektif untuk mengendalikan kelebihan urine. Caranya dengan mencampur biji wijen dan jaggery. Apa itu jaggery? Jaggery adalah gula tradisional olahan tebu yang mirip seperti gula jawa. Kamu bisa mendapatkannya di supermarket terdekat.

POPULER  Cara Pemesanan Obat Wasir De'nature

5. Lakukan senam kegel buat mengurangi hasrat ingin pipis dan nggak beser lagi

Selain mengontrol pembuangan air seni, senam kegel juga memperkuat otot panggul dan otot kandung kemih.

Nah, cara ini tergolong efektif dan dianjurkan oleh ahli kesehatan. Caranya mudah, cukup fokus dan rileks, kendurkan otot panggul dan otot perut pada waktu bersamaan. Lakukan gerakan seperti saat kamu lagi pipis, tahan selama 5 detik, lalu dipipiskan lagi, ditahan lagi begitu seterusnya.

Latihan ini bisa dilakukan kapan saja seperti saat duduk, berdiri, berjalan atau saat tiduran.

6. Ramuan herbal dari daun jamblang ini patut dicoba, biasanya obat tradisional justru ampuh khasiatnya

Ramuan alami yang dibuat dari bahan-bahan herbal memang sering dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah kesehatan. Termasuk juga dengan masalah beser satu ini. Untuk membuat ramuan herbal ini, kamu membutuhkan 3 lembar daun jamblang, 2 kulit pohon jamblang sebesar jari tangan, dan 1 buah kunyit sebesar jari tangan.

Cara membuatnya :

  • cuci dulu semua bahan kemudian potong kecil kulit pohon jamblang dan iris tipis kunyit
  • rebus semua bahan dengan menggunakan 5 gelas air hingga tersisa kira-kira 3 gelas
  • minum ramuan tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari masing-masing ½ gelas sesudah makan.

Dijamin, besermu akan sembuh perlahan!

7. Apapun masalah kesehatannya, olahraga jadi obat penawarnya

Olahraga memiliki peranan penting dalam mengatasi beser. Dengan berolahraga, maka cairan-cairan tubuh akan dikeluarkan lewat keringat. Pilihlah olahraga yang banyak mengeluarkan keringat seperti jogging, supaya sisa cairan tubuh yang harusnya dikeluarkan lewat pipis bisa tergantikan dengan keringat.

Apabila anda memiliki gejala diatas, anda bisa berkonsultasi dengan konsultan kami atau bisa langsung ememsan obat melalui nomor berikut; 0819.1497.5769 di bawah ini;

ATAU